DINAS PERDAGANGAN

previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Slider

SEJARAH INSPEKTORAT KABUPATEN MANDAILING NATAL


Pada tanggal 31 Desember 2016 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, dan Peraturan Bupati Kebumen Nomor 77 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika. Hingga menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika ini sesungguhnya telah melalui sejarah panjang dan metamorfosa kelembagaan. 
 
Cikal bakal Dinas Komunikasi dan Informatika dimulai dari terbentuknya kelembagaan KPDE. Kemudian berubah menjadi BIK-PDE, Dishubkominfo hingga menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika seperti saat ini.  Periode Diskominfo (2016-sekarang) Secara Struktur Organisasi, Dinas Kominfo merupakan organisasi perangkat daerah (OPD) Tipe C dengan Jabatan Esselon 2 sebagai Kepala Dinas. 
 
Komposisi jabatan Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen terdiri dari Kepala Dinas, Sekretaris dan 2 Bidang, yaitu Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dan Bidang Pengelolaan Data Elektronik, dengan masing-masing memiliki 3 seksi . Sedangkan di Sekretariat hanya ada 2 sub bagian, yaitu: Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan dan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. Kepala: Cokro Aminoto, SIP, M.Kes Periode Dishubkominfo (2011-2016) Pada tanggal 30 Desember 2011 Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah.
 
Dinas Informasi Komunikasi dan Telamatika sebelumnya adalah Badan Informasi Komunikasi dan Pengelolaan Data Elektronik Kabupaten Kebumen. Kepala: Ir. Nugroho Tri Waluyo Periode BIK-PDE (2008-2011) Dinas Informasi Komunikasi dibentuk pada bulan Oktober tahun 2008 sesuai dengan Perda No. 13 tahun 2008. BIK dan PDE adalah lembaga teknis yang merupakan penggabungan antara Bagian Humas Sekretariat Daerah dan Kantor Pengolahan Data Elektronik dan Arsip Daerah (KPDE dan Arsipda) sesuai dengan Peraturan Daerah No. 35 Tahun 2004 tentang Pembentukan Oganisasi dan Tata Kerja Badan Informasi, Komunikasi dan Pengelolaan Data Elektronik Kabupaten Kebumen.  Periode KPDE (2001-2008) KPDE dan Arsipda sendiri pada awalnya merupakan hasil penggabungan dari Kantor Pengolahan Data Elekronik (KPDE) dan salah satu fungsi Arsip pada Sub Bagian TU pada Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen. 

Sumber : https://kominfo.kebumenkab.go.id/index.php/web/post/sejarah